Manfaat Benalu Kopi Untuk Kesehatan



JURNALGONATURE: Benalu kopi adalah jenis tumbuhan yang hidupnya menempel pada tanaman kopi sebagai inangnya. Pada umumnya tumbuhan parasit ini tumbuh dengan baik pada daerah yang memiliki iklim tropis seperti di Indonesia. Banyak tanaman benalu yang tumbuh pada beberapa jenis tanaman lain seperti mangga, kopi, belimbing dan masih banyak lainnya. Dahulu tidak banyak orang yang mengetahui manfaat dari tumbuhan benalu kopi ini karena dianggap mengganggu tanaman yang dijadikan inang. Karena memang proses mencari makan dari tanaman benalu ini berasal dari inang yang ditempelinya maka tanaman yang ditempeli menjadi kekurangan cadangan makanan dan tidak bisa tumbuh dengan baik.

Salah satu tanaman yang sangat baik untuk dijadikan inang adalah tanaman kopi. Benalu pada kopi ini biasanya menempel pada bagian ranting dan juga batang pohon kopi. Seringkali tanaman ini ditemukan di daerah Mandiling Natal di Sumatera Utara. Jenis benalu yang menempel pada tumbuhan kopi ini termasuk benalu yang memiliki banyak manfaat yang bisa digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Seperti halnya pada tanaman kopi yang ditempeli, benalu juga menyerap beberapa kandungan dari tanaman kopi sehingga tumbuhan benalu ini sedikit banyak memiliki kandungan yang sama pada tanaman kopi. Biasanya tanaman kopi yang memiliki getah pada akhirnya bisa digunakan sebagai salah satu alternative untuk mengobati kanker melalui tanaman benalu. Hal ini sudah banyak diketahui oleh nenek moyang bangsa Tiongkok dan juga masyarakat daerah Batak.

Manfaat benalu kopi memang sudah banyak ditemukan sejak dahulu tetapi masih belum dikembangkan dengan baik oleh masyarakat sekitar. Hal ini dikarenakan pengobatan penyakit melalui tumbuhan benalu ini dilakukan oleh bangsa Tiongkok yang mana cara mengolahnya tidak diturunkan langsung kepada bangsa Indonesia. Oleh karena itu perkembangan dari obat herbal benalu kopi ini tergolong lambat. Walaupun bangsa Tiongkok juga sudah sejak lama mengembangkan tanaman benalu kopi sebagai obat herbal yang ampuh mengobati berbagai macam jenis penyakit, tetapi tidak untuk orang Indonesia.