Sering Kesemutan Kenali Bahaya dan Pencegahan agar tidak menjadi penyakit

Sering mengalami kesemutan, jika anda kerap merasa kesemutan sudah seharusnya anda waspada, karena bisa saja kesemutan menunjuk gejala-gejala penyakit tertentu yang kalau tidak cepat dicegah akan bisa menjadi penyakit yang berbahaya.

Kesemutan adalah salah satu respon tubuh yang terjadi karena ada tekanan yang terjadi pada pembuluh darah atau syaraf yang saling berhubungan. Kesemutan yang normal masih dinilai sangat wajar misalnya jika sering kesemutan tapi tidak merasakan gejala lain pada tubuh.  :

Penyebab Umum Kesemutan

Kesemutan ini terjadi karena ada aliran darah yang terhenti dari pembuluh darah ke titik syaraf tertentu pada bagian kaki dan tangan. Hal ini akan menyebabkan ada banyak titik yang menyerang pada bagian kaki dan tangan:

Duduk dengan tekanan pada bagian kaki tertentu dalam waktu yang lama atau memakai sepatu atau sandal yang memberikan tekanan kuat pada bagian kaki. Mengkonsumsi berbagai jenis obat-obatan tertentu yang menyebabkan masalah pada kepekaan syaraf sehingga menimbulkan efek untuk kaki dan tanganAnda mengalami kekurangan vitamin  B12 dan menyebabkan anemia sehingga sering berpengaruh untuk kesehatan syaraf.

Penyebab Khusus Kesemutan

Sebagian kesemutan menandakan gejala penyakit serius dan harus di waspadai:

Syaraf terjepit menjadi salah satu gangguan khusus yang sering ditandai dengan kesemutan. Pada kondisi syaraf terjepit menyebabkan ada salah satu bagian syaraf yang keluar dari jalur dan menyebabkan tekanan pada bagian syaraf yang lain. Biasanya syaraf terjepit pada bagian punggung menyebabkan kesemutan pada bagian kaki. Sementara kesemutan yang cukup serius juga bisa terjadi pada area leher dan tangan jika ada masalah pada syaraf di jalur tersebut.

Diabetes menjadi penyakit yang mengganggu sistem kadar gula dalam tubuh. Penyakit ini menyebabkan adanya masalah pembuluh darah yang bertugas mengedarkan darah ke bagian syaraf tangan dan kaki. Jika kesemutan sudah terjadi pada bagian tangan dan kaki maka bisa bertahan dalam waktu yang lama. Hal yang paling diwaspadai adalah apabila kesemutan menyebabkan mati rasa pada kaki dan tangan sehingga bisa menimbulkan resiko yang lebih berbahaya seperti terjatuh atau terpeleset.

Stroke adalah penyakit yang terjadi karena terhentinya pasokan darah yang terjadi pada otak. Kondisi ini bisa menyebabkan pembuluh darah tidak bisa melakukan tugasnya dengan baik. Penyakit ini sering ditandai dengan kesemutan pada awal gejala.Penyebab sering kesemutan ini terjadi karena tidak ada darah yang mengalir pada bagian syaraf di bagian kaki dan tangan.

Penyakit ini disebabkan karena ada gangguan sistem kekebalan tubuh yang justru menyerang badan sendiri terutama pada bagian pelindung syaraf atau mielin. Penyakit ini akan menimbulkan kerusakan pada bagian otak dan seluruh tubuh. Penyakit ini juga bisa menjadi kondisi yang sangat serius karena penderita akan mati rasa pada bagian kaki dan tangan yang akan menyebabkan kelumpuhan. Sering kesemutan dalam berbagai intensitas dan sulit untuk membaik bisa menjadi gejala yang harus diperhatikan.

Kesemutan menjadi salah satu gejala awal yang sering terjadi pada penderita tumor otak. Tumor otak bisa muncul dari 2 sebab yakni jenis tumor yang memang berasal dari otak dan jenis tumor yang muncul dari bagian tubuh lain atau hasil metastasis tumor dari bagian tubuh lain. Selain kesemutan beberapa gejala lain yang perlu diperhatikan antara lain adalah seperti sakit kepala yang terus menerus, mual, muntah, gangguan mata, mati rasa pada kaki dan tangan serta menyebabkan gangguan keseimbangan, kejang, gangguan pendengaran dan perubahan tingkah laku.

Bagi orang yang sering merasa sering kesemutan sebaiknya memang melakukan pemeriksaan dengan ahli medis. Hal ini bertujuan untuk mengetahui semua masalah yang berhubungan dengan kesemutan dan kemungkinan penyakit lain. Jenis pemeriksaan meliputi beberapa hal dibawah ini:

Kadar gula darah baik bagi orang yang sudah terkena penyakit diabetes maupun belumPemeriksaan kadar kolesterol untuk mengetahui tingkat kolesterol dalam tubuhTekanan darah, denyut jantung dan denyut nadi. Pemeriksaan dilakukan untuk mengetahui kondisi tubuh secara umumPemeriksaan syaraf dilakukan dengan menusukkan jarum ke bagian kaki dan tangan yang sering kesemutanAnalisa darah untuk mengetahui kemungkinan penyakit lain yang ada pada tubuh.***