Jangan Anggap Remeh Khasiat Akar Alang-Alang, ini Manfaatnya!



Bagian sebagian orang alang-alang mungkin dianggap sebagai hama yang kerap menanggu tanaman. Namun tahukah anda jika sebenarnya akar dari Alang-Alang ternyata mempunyai khasiat bagi kesehatan.

Apa saja manfaat akar Alang-Alang, Berbagai kandungan kimia baik pada alang-alang menghasilkan rasa sejuk  Kandungan-kandungannya membentuk semacam antipiretik yang dapat menurunkan panas. Selain itu memiliki sifat diuretic yang meluruhkan kemih dan dapat menghilangkan rasa haus.

Tanaman alang-alang mengandung unsur kimia alami seperti glukosa, manitol, asam sitrat, asam malic, arundoin, coixol, fernerol, silindrin,anemonin, simiarenol, esin, saponin, alkali, polifenol, dan taninin. Kandungan ini terdapat pada bagian batang, akar dan bunganya

Khasiat akar Alang-Alang dapat, Meredakan Panas Dalam, Mengatasi Sakit Ginjal, Mengobati Mimisan, Mengobati Kencing Darah dan Nanah, Obat Muntah Darah bukan hanya itu Akar Alang-Alang juga ampuh untuk pengobatan Sebagai obat kencing terus menerus, obat hipertensi, obat diare, obat keputihan dan sebagai obat asma.

Alang-alang, ilalang atau lalang, bahasa latin disebut Imperata Cylindrica L. Raeusch. Tanaman ini termasuk jenis gulma, rumput berdaun tajam yang tumbuh liar diantara lahan perkebunan. Dalam bahasa Inggris disebut sebagai Bladygrass, Cogongrass, Speargrass, Silver-spike atau Satintail. Morfologi tanaman alang-alang akan dijelaskan pada halaman ini, mengingat manfaat tanaman sangat banyak untuk digunakan sebagai herbal.

Menurut penelitian, dan dan akar alang-alang memiliki 5 macam turunan Flavonoid, Turunan 3',4',7-Trihidroksi Flavon, turunan 2',3'-dihidroksi Kalkon, dan 6-hidroksi flavanol. Turunan flavonoid kemungkinan termasuk golongan flavon, flavonol tersubstitusi pada 3-0H. Flavanon atau isoflavon terdapat pada fraksi ekstrak yang larut dalam Etilasetat pada akar alang-alang. Pada fraksi ekstrak yang larut dalam air akar alang-alang mengandung senyawa flavon tanpa gugus OH bebas, flavon, flavonol. Dari morfologi tanaman alang-alang dan kandungan senyawa kimia didalamnya, tanaman ini sangat berguna untuk pengobatan.

Menurut pengobatan tradisional, bagian yang digunakan untuk herba adalah akar tanaman alang-alang. Berikut senyawa kimia yang terdapat dalam akar alang-alang:

1. Arundoin, fernenol, isoarborinol, silindrin, simiarenol, kampesterol, stigmasterol, ßsitosterol. Skopoletin, skopolin, p-hidroksibenzaladehida, katekol.

2. Asam klorogenat, asam isoklorogenat, asam pkumarat, asam neoklorogenat, asam asetat, asam oksalat, asam d-malat, asam sitrat.

3. Potassium sekitar 0,75% dari berat kering, kalsium dan 5-hidroksitriptamin.